Visi
Menjadi pilihan utama bagi masyarakat Indonesia untuk mendapatkan berita dan informasi seni, sastra, dan budaya Indonesia secara digital.

Misi
MENYATUKAN informasi karya dan kegiatan dari para pelaku seni, sastra, dan budaya untuk dapat diakses secara digital dengan mudah, Baca Selengkapnya...

Sulung Landung Bersama Gramedia Pustaka Utama Meluncurkan Buku Sulung dan Nyonya Ai

Sulung Landung Bersama Gramedia Pustaka Utama Meluncurkan Buku Sulung dan Nyonya Ai

Penerbit Gramedia Pustaka Utama telah merilis buku terbaru dari Sulung Landung, seorang manajer artis kawakan pada Rabu 24 Mei 2023. Berbeda dengan buku-buku sebelumnya yang lebih banyak mengupas seluk-beluk profesinya sebagai manajer berbagai artis kenamaan Indonesia, dalam buku terbaru yang mengambil judul Sulung dan Nyonya Ai, Sulung membuka sisi rentan dirinya yang selama ini tidak terlihat di ranah publik.

Sulung Landung adalah manajer artis lewat perusahaan Avatara88 Artist Management. Namun, di balik keglamoran dunia hiburan yang ia geluti dan kariernya yang gemilang, tersembunyi sosok Sulung kecil yang penuh luka batin akibat pengalaman masa lalu yang terus mengusik benak Sulung dewasa.

“Sewaktu kecil, saya mengalami perundungan dan beberapa peristiwa traumatis yang melibatkan Ibu saya. Saya mengunci semua kejadian tersebut rapat-rapat dan tidak pernah menceritakannya kepada siapa pun, sampai saya terpukul atas satu kejadian cukup besar yang terjadi dalam hidup saya saat dewasa. Dari situlah, saya menyadari kalau saya belum bisa berdamai dengan trauma di masa lalu dan harus mencari cara untuk memulihkan luka agar bisa hidup secara penuh,” tutur Sulung.

Dalam buku yang paling personal ini, Sulung bercerita tentang perjalanan hidupnya dari kecil hingga dewasa yang didampingi oleh Nyonya Ai, sang ibu yang sangat ia cintai, tapi di saat yang sama hubungan pahit manis di antara mereka banyak menimbulkan luka batin dalam diri Sulung. Cara Nyonya Ai membesarkan Sulung sedikit banyak membentuk kepribadiannya yang tangguh untuk bertarung di Jakarta sebagai anak rantau.

Namun, sikap Nyonya Ai saat berinteraksi dengan Sulung tanpa disadari juga menorehkan luka yang hingga puluhan tahun kemudian ternyata masih terasa basah. Pada akhirnya Sulung dan Nyonya Ai mampu menemukan jalan dan titik terang untuk menambal lubang-lubang di jalan, yang membuat mereka berdua bisa melangkah dengan lebih baik.

Lewat prosesnya menelanjangi diri untuk penyembuhan luka-luka masa kecil yang begitu membekas hingga dewasa, Sulung membagikan kisah perjalanannya mengenal luka yang selama bertahun-tahun ia kunci dengan sangat rapat, dan mencari jalan untuk berdamai dengan dirinya sendiri. Buku ini sangat tepat untuk menemani siapa saja yang sedang dalam perjalanan memulihkan diri dari luka-luka masa lalu, agar dapat berdamai dengan diri sendiri dan menemukan kebahagiaan dalam hidup.

Sebelumnya pada 2012, Sulung menulis buku pertamanya, Artist Management 101: Jalan Panjang Lahirkan Bintang. Buku ini mendapat sambutan yang sangat baik dari pembaca. Kemudian pada 2016, dia kembali menulis buku keduanya, Artist Management 101 part 2: Kisah di Balik Panggung Hiburan. Dia menulis buku ketiganya, Artist Management 101 Part 3: Seni untuk Menjadi yang Terbaik di Industri Hiburan pada 2021.

Di tengah kesibukannya, Sulung masih menjalankan passion-nya yang lain, yaitu menulis (kontributor Kumparan.com, Greatmind), menjadi associate producer film (3 Doa 3 Cinta, Serigala Terakhir, dan 3Sum), serta menjadi produser dalam drama musikal, Gita Cinta The Musical. Sulung juga menekuni yoga dan pelatihan reiki untuk menyeimbangkan hidupnya.

Buku Sulung dan Nyonya Ai resmi tersedia di toko buku daring dan luring mulai 24 Mei 2023. Pembaca bisa mengoleksi buku ini melalui toko Gramedia yang tersebar di seluruh Indonesia, situs gramedia.com, Gramedia Official Store di Shopee dan Tokopedia, Gramedia Pustaka Utama Official Store di Shopee, serta berbagai toko daring di marketplace yang bekerja sama dengan Gramedia Pustaka Utama.

Sumber Foto: Dok. SL

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.